Random Thought, Lakukan Saja!

Assalamualaikum...
Hari ini, karena salah seorang teman iseng share postingan lama di blog ini, saya jadi ingat kalau punya blog. Scrolling ke bawah, dan ternyata cringe banget, random parah. Pada masa itu, sekitar tahun 2014 mulai blogging buat nambah kegiatan aja. Secara emang masih mahasiswa yang nganggur dan kalau sudah nganggur ya ke warnet. 

Saya baca lagi tulisan lama, ternyata tidak hanya random tapi tulisannya juga lumayan buat pusing. Tidak terasa, hampir 7 tahun sudah ngopeni blog ini. Baru sadar, walau pun random dan nggak jelas, hobi saya sejak dulu memang menulis. 

Sekarang ini, saya juga tidak tahu mau menulis apa, tapi yang jelas pengalaman jadi guru dan practice make perfect. Ya walau tulisan masih sangat standar, paling tidak saya sampai sekarang masih nulis, haha...

Pada masanya, blog pernah digunakan sebagai media sharing. Bukan hanya informasi atau review, bahkan sekadar cerita tentang diri sesendiri. Blog menjadi wadah, kala media sosial yang ada masih terbatas. 

Masih di ingatan, dulu suka baca tulisan Diana Rika Sari, Marshanda, Raditya Dika, dan banyak lagi yang saya lupa. Tapi yang jelas semua masih saya follow atau subscribe. Perkembangan teknologi sekarang membuat tulisan bukan lagi tren. Karena ada lebih banyak hal menarik yang lebih mudah ditonton. Seperti video di YouTube, Instagram, atau Tiktok. 

Bagi saya, apapun medianya, berkarya itu tidak pernah salah. Termasuk menulis blog seperti ini, walau tidak lagi banyak peminatnya, tapi masih ada saja yang mau membaca. By the way, siapapun kalian, apapun karya kalian, lanjutkan saja. Walaupun teman terdekat kalian bilang itu nggak asyik, atau nggak menarik, yakinlah selalu ada peminat dan penikmatnya.

Sebagai orang yang berkarya, tentu ada sarang, kritik, atau hujatan. Tapi kita mesti bedakan itu. Kalau saran dan kritik, apalagi membangun, bisa lah kita pertimbangkan siapa tahu dapat meningkatkan kualitas. 

Tapi kalau lebih ke arah hujatan atau ujaran kebencian, cukup tutup telinga saja. Toh kita tidak bisa memuaskan semua orang kan. Dan terakhir, mari berbahagia dan terus berkarya. Tulisan random ini hanya iseng saja untuk pengingat, saya pernah secinta itu sama blogging. 

Saya Esa Fatmawati undur diri, sampai ketemu di tulisan lainnya...

Wassalamu'alaikum...

Komentar

Postingan Populer